6 Kesalahan Tentang Tata Cara Mengatasi Jerawat

6 Kesalahan Tentang Tata Cara Mengatasi Jerawat

Memiliki kulit wajah yang mulus adalah dambaan setiap orang, untuk itu diperlukan perawatan khusus agar wajah tetap kinclong. Tetapi, pada masa pubersitas sering menjadi titik awal bagi remaja mengalami problema di wajah, yaitu timbulnya jerawat. Masalah ini akan berlanjut apabila seseorang tersebut tidak dapat menemukan cara mengatasi jerawat dengan benar.

Jerawat memang sering muncul karena banyak sebab, tidak jarang juga beberapa anak muda menemukan cara-cara yang ditemukan di mesin pencarian tanpa mempertimbangkan kevalidan sumber. Apalagi tanpa melakulan double check dulu. Harusnya beberapa metode yang kita temukan dimana saja, hendaknya dipelajari dulu agar tidak salah kaprah.

Baiklah tanpa perlu berlama-lama, berikut akan kami beberkan 6 kesalahan yang sering dilakukan anak muda dalam menangani masalah jerawat. Mau tau? Mari kita simak uraian seperti yang ada di bawah ini:

1. Kesalahan Menggunakan Transisi Krim Yang Berbeda

Memakai krim dengan merk yang berbeda dalam waktu berdekatan sangat tidak dianjurkan. Karena beberapa perawatan baru dengan krim yang berbeda bisa menghasilkan burging atau semacam mirip jerawat-jerawat kecil hasil pemakaian transisi krim.

Hal tersebut wajib dihindari untuk pencegahan iritasi pada kulit wajah. Pastikan gunakanlah satu krim saja dan tunggu hasilnya. Kalau semisal pemakaian krim pertama tersebut tidak cocok, bisa berlanjut pada pemakaian krim berikutnya.

2. Kesalahan Dalam Memilih Pembersihan Wajah

Kesalahan dalam memilih pembersih wajah sangat umum dilakukan pada anak muda yang tergiur oleh iklan yang sedang beredar. Biasanya seseorang itu langsung memakainya tanpa mengecek dulu kondisi kulit wajahnya seperti apa. Apakah kulit wajahnya cenderung berminyak, kering atau yang normal.

Karena kesalahan itu, wajah menjadi semakin teriritasi dan malah menimbulkan jerawat baru. Untuk itu kenali dulu produk pembersih wajah dan sesuaikan dengan kulit wajah kalian sebagai antisipasi pada kulit wajah agar tidak semakin berjerawat.

3. Kesalahan Dari Menjaga Kebersihan Rambut

Kebersihan rambut juga perlu diperhatikan dalam menangani masalah yang berhubungan dengan jerawat, lho. Hal ini dikarenakan saat beraktivitas berlebih, normalnya wajah akan berkeringat dan bahkan tidak terkecuali pada kulit kepala.

Untuk itu jika salah satu rambut yang kotor menempel pada kulit wajah. Keringat dan kuman yang ada pada rambut akan mengkontaminasi wajah dan dengan sendirinya mengiritasi pori-pori yang pada akhirnya menjadi jerawat baru.

Jadi meskipun tidak ada hubungannya dengan jerawat, namun penting untuk selalu menjaga kebersihan rambut agar kuman dan kotoran tiidak sampai hinggap pada kulit wajah.

4. Kesalahan Pemilihan Produk Anti Jerawat

Hal penting lain yang jangan sampai terabaikan adalah pemilihan produk anti jerawat yang digunakan. Pastikan pula untuk mengetahui tipe kulit yang hendak dirawat. Misalnya saja tipe kulit berminyak, maka pastikan krim yang dibeli khusus untuk kulit berminyak.

Kulit berminyak dengan pemakaian krim untuk kulit kering hanya akan menambah produksi minyak di wajah secara berlebihan, sehingga balutan udara kotor akan mudah menempel dan menyumbat pori-pori, sehingga muncullah jerawat.

5. Kesalahan Konsumsi Makanan

Makanan adalah kebutuhan sehari-hari bagi tubuh. Tetapi jangan asal pilih makanan. Tiap makanan yang kita konsumsi akan menghasilkan efek yang berbeda bagi tubuh. Pastikan untuk memakan makanan bergizi dan higienis agar tubuh merespon dengan baik.

Makanan yang dicerna oleh lambung pun akan memiliki respon yang berbeda. Jika makanan yang dicerna tubuh adalah makanan sehat, maka tubuh akan merespon baik. Untuk itu, perhatikanlah makanan yang kita konsumsi. Hindarilah makanan jenis kacang-kacangan, pedas dan berlemak. Karena bisa mengakibatkan timbulnya jerawat baru.

6. Kesalahan Ketergesaan Mencapai Hasil

Dalam melakukan metode mengatasi jerawat, banyak dari individu yang tidak sedemikian sabar dalam mencapai hasil. Sehingga lebih sering tidak objektif dalam menilai hasil dari treatment yang dilakukan. Meminta pendapat orang lain yang sudah berpengalaman masalah jerawat bukan suatu kesalahan.

Memang semua butuh proses, begitu juga dengan proses penyembuhan jerawat, haruslah dilakukan secara rutin dan didampingi dengan tata cara yang benar. Tidak usah buruu-buru agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Itulah 6 kesalahan yang sering dilakukan sebagian orang dalam menganut tata cara mengatasi jerawat membandel. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda dalam menangani keluhan seputar jerawat yang sedang Anda derita.