7 Nutrisi Ibu Hamil Untuk Kesehatan Gigi Bayi

7 Nutrisi Ibu Hamil Untuk Kesehatan Gigi Bayi

Walaupun gigi hanya akan tumbuh setelah anak berusia beberapa bulan, tetapi ada beberapa nutrisi ibu hamil untuk kesehatan gigi bayi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Nutrisi-nutrisi ini akan membuat si kecil tumbuh dengan gigi yang sehat dan kuat.

Nutrisi yang diperlukan agar gigi bayi sehat dan kuat

Pada masa kehamilan, semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh secara langsung pada kesehatan bayi, termasuk kesehatan gigi calon bayi. Lalu, jika ingin si kecil memiliki gigi yang sehat, nutrisi apa saja yang harus dipenuhi oleh calon ibu?

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa nutrisi yang harus dipenuhi agar gigi si kecil kuat dan sehat. Nutrisi ini juga bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan yang biasa Anda temui sehari-hari. Penasaran? Inilah beberapa nutrisi yang baik bagi kesehatan gigi calon bayi:

1. Fosfor

Fosfor berperan langsung dalam membantu untuk memadatkan tulang dan gigi ibu hamil serta calon bayi di dalam kandungannya. Fosfor ini juga bermanfaat untuk kesehatan fungsi ginjal, perbaikan sel, jaringan tubuh, dan menjaga detak jantung selalu dalam kondisi normal.

Banyak makanan yang memiliki kandungan fosfor, misalnya daging merah, susu, telur, kacang tanah, almond, dan berbagai jenis seafood. Namun, jika Anda memakan seafood saat hamil pastikan seafood telah diolah dengan tingkat kematangan yang tinggi.

2. Kalsium

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kalsium sangat dibutuhkan bagi tubuh karena dapat membantu pembentukan tulang dan gigi. Selama masa kehamilan, penting bagi calon ibu untuk memenuhi kebutuhan kalsium agar kalsium calon bayi juga terpenuhi dengan baik.

Kalsium ini berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang selama masa kehamilan. Selain itu, kalsium juga mendukung pertumbuhan gigi dan tulang bagi janin di dalam kandungan.

Kalsium bisa Anda temukan pada berbagai jenis makanan seperti susu, keju, yogurt, sayuran hijau ataupun suplemen yang sudah mendapatkan rekomendasi dari dokter kandungan. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai olahan makanan yang berbahan dasar susu.

3. Protein

Protein bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis daging, produk berbahan dasar susu, telur, ataupun protein nabati dalam tahu dan tempe. Protein ini akan membantu dalam proses pembentukan gigi selama masa kehamilan.

Lalu, protein juga akan membantu untuk mendorong kristal kalsium-fosfat yang membentuk enamel pada gigi. Manfaat lainnya, protein dapat membantu dalam proses pembentukan sel-sel dan hormon, baik pada calon ibu maupun bayi di dalam kandungan.

4. Vitamin D

Vitamin D memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh, yaitu mampu menyerap dan mempertahankan fosfor dan kalsium. Anda bisa mendapatkan vitamin D ini ketika berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Namun, jika Anda kesulitan menemukan waktu yang tepat untuk berjemur. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari berbagai jenis makanan yang bisa Anda makan secara langsung seperti sereal, susu, jus jeruk, kuning telur atau suplemen dengan resep dokter kandungan.

5. Vitamin C

Ibu hamil membutuhkan vitamin C sebanyak 85 mg per hari. Sama seperti vitamin D, vitamin C juga dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium dan menjaga tulang serta gigi agar tetap sehat selama masa kehamilan.

Vitamin C dapat Anda dapatkan dari berbagai jenis buah dan sayuran seperti jeruk, brokoli, strawberry, dan tomat. Sayur dan buah ini dapat Anda makan secara terpisah ataupun dikombinasikan dengan makan sehat lainnya sehingga Anda mendapatkan nutrisi seimbang.

Calon bayi yang sehat berasal dari tubuh ibu hamil yang sehat. Kesehatan itu bisa Anda dapatkan dengan memastikan setiap makanan yang Anda konsumsi mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Salah satu nutrisi yang harus Anda penuhi adalah nutrisi ibu hamil untuk kesehatan gigi bayi.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat agar nutrisi calon ibu dan bayi di dalam kandungan selalu terpenuhi. Tidak perlu mahal, semua nutrisi ini bisa Anda dapatkan pada sayuran dan buah yang mudah ditemui dengan harga terjangkau di pasaran.