8 Jenis Sayur Untuk Diet, Agar Diet Lancar

8 Jenis Sayur Untuk Diet, Agar Diet Lancar

Bagi kamu yang sedang melakukan diet sehat dengan mengedepankan pengkonsumsian sayuran sebagai menu utama, ini ada 8 Sayur Untuk Diet, yang wajib kamu coba.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Sayuran memiliki seabrek nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi sayuran setiap hari mempunyai efek bagus untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Maka tak heran jika sayuran merupakan makanan pendukung diet paling tepat.

Makanan Lain Pendukung Diet, Dengan Sayur Untuk Diet yang Dianjurkan

Selain nutrisi dan vitamin. Tubuh juga perlu karbohidrat sebagai sumber energi tubuh. Kekurangan karbohidrat menyebabkan tubuh lemas dan kurang bertenaga. Hal inilah yang sering membuat pegiat diet cepat merasa lemas pada hari pertamanya.

Jadi tetaplah atur kesimbangan makanan berkarbohidrat agar tubuh tidak gampang lemas dan  mudah sakit. Dalam tubuh laki-laki dewasa memerlukan setidaknya 2200 kalori setiap harinya, sedang perempuan kurang lebih 1900 kalori.

Kekurangan karbohidrat setiap harinya tidak baik bagi kesehatan. Namun bagi yang sedang dalam program diet hal itu tidak masalah, asal menggantinya dengan asupan lain, seperti buah dan sayuran.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas asupan pada sayuran yang digunakan untuk pendukung program diet. Apa saja sayuran itu? Ini dia 8 sayuran paling rekomended untuk program diet :

1. Kentang

Masih menjadi yang pertama. Kentang adalah satu-satunya sayuran yang paling banyak diminati banyak orang untuk pengganti nasi. Sebab kalori di dalamnya cukup banyak sehingga dengan memakannya bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Ada banyak cara mengkonsumsinya, semua tergantung selera dan cara masing-masing. Tetapi cara umum yang sering ditempuh, hanya merebusnya. Makanlah setelah dingin, agar pembentukkan pati resisten dalam kentang sempurna. Pati resisten merupakan zat yang membantu menurunkan berat badan.

2. Bayam

Sayuran hijau ini memiliki banyak kandungan klorofil yang merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang bagus untuk tubuh. Di samping itu vitamin A yang terkandung di dalam sayur bayam sangat banyak dan berperan penting untuk kesehatan mata.

Tak heran jika sayuran ini dijadikan menu favorit sebagai pendamping pemograman diet sehat. Dengan banyak mengkonsumsinya, bisa mencegah timbulnya penyakit jantung, kanker usus dan radang sendi.

3. Wortel

Wortel tetap menjadi salah satu sayuran yang paling baik untuk membantu program diet. Kandungan vitamin A di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan mata dan vitamin C yang dimilikinya pun juga baik untuk pencegah kerusakan kardiovaskular.

Buah ini juga memiliki kandungan beta karoten tinggi yang bisa membantu metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih cepat. Tidak hanya itu, wortel juga memilki kandungan yang mana setengahnya adalah serat larut kalsium pektat yang dapat menurunkan kolesterol serta mengontrol nafsu makan berlebih.

3. Brokoli

Tahukah kalian, kalau brokoli ternyata bagus untuk membantu program diet. Dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh. Maka mengkonsumsinya secara konstan tidak masalah dan tidak menimbulkan efek samping.

Namun karbohidrat dalam brokoli tidak seperti karbohidrat pada umumnya. Sebab karbohidrat dalam brokoli jenis karbohidrat yang mampu membantu menurunkan berat badan berlebih, tapi tetap membuat rasa kenyang lebih lama bila mengkonsumsinya.

4. Labu Kuning

Labu kuning merupakan makanan rendah kalori dan bergizi tinggi namun padat akan nutrisi. Makanan ini sangat cocok bagi kamu yang sedang melakukan program diet dengan menjadikan sebagai menu harian pengganti nasi.

Ada banyak varian untuk mengolahnya sebagai menu diet. Kamu bisa memasaknya menjadi sup labu, menjadikan puding atau hanya merebusnya. Bagaimanapun cara pengolahannya semua tidak mempengaruhi kenerja serat di dalamnya.

5. Sawi Putih

Sawi putih banyak sekali kita jumpai di pasar. Sayuran yang memiliki bentuk menyerupai kubis ini sangat cocok dikonsumsi bagi yang sedang dalam program diet. Dikarenakan memiliki kandungan kalsium yang bagus untuk tulang.

Kamu bisa mengolahnya dengan cara merebus atau mengkukusnya, namun usahakan jangan terlalu matang agar tidak merusak vitamin A dan C di dalamnya. Dimana kedua vitamin tersebut sangat baik bagi kesehatan.

6. Rumput Laut

Rumput laut merupakan makanan yang memiliki intensitas tinggi akan vitamin dan mineral. Untuk itu sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang melakukan program diet. Adapun zat besi yang terkandung di dalamnya pun tidak seperti zat besi pada umumnya. Zat besi dalam rumput laut adalah jenis yang rendah kalori.

Pengolahan rumput laut pun juga beraneka ragam. kamu bisa mengkreasikan menjadi Tamagoyaki Nori, tumisan rumput laut atau salad buah. Mau diolah menjadi jenis hidangan seperti apapun semua tidak mengurangi nilai gizinya.

8.  Asparagus

Sayuran ini memang belum cukup terkenal di pasaran tidak seperti jenis-jenis sayuran lainnya. Kendati begitu, vitamin, mineral dan antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini begitu komplek. Sehingga sayuran yang satu ini menjadi salah satu sayuran paling rekomended untuk diet.

Tanaman kaya air ini memiliki serat tinggi yang bagus untuk pencernaan dan sarana penurunan berat badan. Selain itu sifat duretik yang terkandung di dalamnya bisa memperbaiki kinerja ginjal. Cara mengolahnya juga cukup mudah, kamu bisa menjadikan tumisan, menjadikan salad atau omelet. Berikut ini tadi 8 Sayuran Paling Rekomended Untuk Program Diet yang wajib kamu coba. Semoga informasi di atas kurang sedikitnya dapat membantu dalam menjalankan program diet yang sedang kamu lakukan, dengan menjadikan sayuran sebagai pemeran utamanya.