Cara Menjaga Kehamilan Muda dengan Makanan yang Tepat

Cara Menjaga Kehamilan Muda dengan Makanan yang Tepat

Masa awal kehamilan adalah masa yang sangat rentan dengan resiko keguguran yang lebih tinggi. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatan agar terhindar dari resiko keguguran di awal kehamilan. Cara menjaga kehamilan muda sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat.

Cara menjaga kehamilan muda 1 bulan sampai dengan 4 bulan dilakukan dengan mengkonsumsi makan yang bergizi. Membatasi aktivitas yang berat juga harus dilakukan tapi kamu tetap harus berolahraga. Apa saja makanan dan olahraga yang tepat untuk ibu hamil muda? Penjelasan lengkapnya ada disini.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Untuk menjaga kesehatan pada masa kehamilan muda kamu harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan untuk ibu hamil muda yang sehat yaitu:

  1. Mengandung Asam Folat Tinggi

Asam folat adalah nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil terutama pada saat kehamilan muda. Konsumsi makanan yang tinggi asam folat bisa membantu pembentukan otak bayi dan bisa mencegah keguguran.

Dalam jurnal kesehatan di Amerika menyebutkan bahwa ibu hamil yang konsumsi asam folat di 8 minggu awal kehamilannya bisa mencegah autis pada anak. Asam folat bisa didapatkan dari sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Buah alpukat dan kacang-kacangan juga termasuk makanan tinggi asam folat.

  1. Mengandung Zat Besi yang Cukup

Pada saat hamil muda makanan yang dikonsumsi juga harus mengandung zat besi yang cukup. Zat besi berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan bagus untuk perkembangan janin terutama otak janin.

Kamu bisa mendapatkan zat besi dari olahan makanan seafood dan daging sapi serta unggas. Bayam dan telur juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi pada saat hamil muda.

  1. Tinggi Protein dan Lemak Baik

Pada awal kehamilan kamu juga harus memperbanyak makanan yang mengandung protein dan lemak baik. Protein dan lemak mempunyai fungsi untuk membangun jaringan dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Protein dan lemak bisa kamu dapatkan dari berbagai olahan susu maupun daging. Sangat disarankan ibu hamil muda untuk mengkonsumsi susu khusus untuk menjaga kesehatannya.

  1. Tinggi Serat

Mitos pantangan ibu hamil muda yang banyak dipercaya adalah tidak boleh makan nanas. Sebenarnya ibu hamil muda boleh makan nanas karena kandungan serat nanas cukup tinggi. Serat sangat dibutuhkan pada masa awal kehamilan agar kamu tetap sehat dan terhindar dari masalah pencernaan.

Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran harus diperbanyak ketika memasuki masa awal kehamilan. Serat juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang merah.

Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil Muda

Salah satu cara menjaga kehamilan muda agar tidak keguguran adalah dengan mengurangi aktivitas berat yang menyebabkan kelelahan. Walaupun demikian, selama masa hamil muda kamu juga tetap membutuhkan olahraga.

Olahraga bisa membantu menghilangkan stres pada masa awal kehamilan dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk ibu hamil muda olahraga yang disarankan yaitu:

  1. Yoga

Olahraga yang aman untuk ibu hamil muda adalah yoga. Yoga juga termasuk olahraga terbaik untuk ibu hamil karena tidak banyak melakukan gerakan yang berat.

Olahraga yoga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus keluar dari rumah. Kamu bisa melakukan yoga selama 30 menit setiap harinya agar tubuh tetap sehat.

  1. Pilates

Pilates adalah olahraga keseimbangan yang bagus untuk ibu hamil muda. Olahraga ini tidak hanya bagus untuk keseimbangan tapi juga bisa mengatasi nyeri punggung pada saat hamil.

Untuk ibu hamil yang ingin melakukan pilates hindari melakukan gerakan yang memutar perut. Manfaat pilates sangat bagus untuk ibu hamil dan bisa dilakukan satu minggu sekali atau dua minggu sekali.

  1. Jalan Kaki

Cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat bisa dilakukan dengan olahraga jalan kaki. Berjalan kaki sangat bagus untuk ibu hamil muda karena bisa menguatkan tubuh. Tidak perlu lama-lama berjalan kaki cukup 15 setiap hari agar ibu hamil tetap sehat.

Tidak hanya berjalan kaki, jogging juga bagus untuk dijadikan olahraga bagi ibu hamil muda. Jogging bisa dilakukan setiap minggu pada saat hamil muda dan pastikan jika kamu lelah harus segera beristirahat.

  1. Berenang

Berenang juga menjadi olahraga yang bagus untuk ibu hamil muda. Ibu hamil muda bisa melakukan renang setiap satu minggu sekali. Dengan berenang kamu akan merasa lebih tenang dan rileks sehingga dapat mencegah stres pada awal kehamilan.

Selama berenang kamu juga harus menghindari gerakan memutar perut dan gerakan yang berat. Yang terpenting dalam melakukan olahraga renang tetap memperhatikan kekuatan tubuh jangan sampai kelelahan. Tetap berolahraga ringan dan menjaga asupan nutrisi adalah cara menjaga kehamilan muda yang tepat. Pada intinya ibu hamil muda tetap harus aktif agar tubuh tetap sehat. Ibu hamil muda juga tetap boleh berhubungan intim asalkan tidak menyebabkan kelelahan dan lakukan dengan posisi yang nyaman.