Kebiasaan Buruk Penyebab Badan Lemas Tidak Bertenaga

Kebiasaan Buruk Penyebab Badan Lemas Tidak Bertenaga

Badan lemas dan tak bertenaga biasanya berkaitan erat dengan diidapnya penyakit seperti anemia, hipotiroid, dan sebagainya. Jika sudah terjangkit, pengobatannya semakin sulit. Akan tetapi, sebenarnya penyakit semacam itu, bisa dicegah dengan menghentikan kebiasaan buruk penyebab badan lemas tidak bertenaga berikut ini.

Daftar Kebiasaan Penyebab Badan Lemas Tidak Bertenaga

1. Kurang tidur

Saat tidur, tubuh mengistirahatkan organ-organnya, maka dari itu, tidur merupakan kebutuhan tubuh yang harus selalu dipenuhi. Jika kebutuhan tersebut tidak dipenuhi, organ-organ tubuh akan mengalami kelelahan dan berakibat pada kondisi badan lemas dan tidak bertenaga.

Kurang tidur juga menyebabkan kinerja organ tubuh terganggu. Miliki waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa, yaitu sekitar 7 jam sehari. Jika kebutuhan waktu tidur ini tidak dipenuhi dalam 7 hari berturut-turut, rentan mengalami kelelahan ekstrem.

Selain waktu tidur, perhatikan pula kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik didapat melalui beberapa faktor seperti alas tidur yang baik dan menghindari penggunaan ponsel sebelum tidur. Sebab, kurang tidur juga berpengaruh terhadap penurunan kesehatan, insomnia, dan mudah terserang penyakit.

2. Asupan makanan kurang bergizi

Kandungan dalam asupan makanan yang masuk ke tubuh harus selalu diperhatikan. Pasalnya, asupan tersebut berpengaruh pada banyaknya energi yang bisa diproduksi tubuh. Jika asupan makanan kurang, tubuh tidak mampu menghasilkan energi yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal inilah yang menyebabkan badan lemas dan tidak bertenaga. Hindari memakan makanan yang memiliki kandungan gula berlebih sehingga gula darah akan meningkat dan menurun secara tiba-tiba. Kandungan gula darah yang meningkat juga dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Penyakit yang ditimbulkan dari kurangnya gula darah contohnya hipoglikemia. Perhatikan asupan seperti vitamin B12 yang berperan dalam menjalankan fungsi vital dalam tubuh. Konsumsi makanan seperti susu, daging merah, telur, dan ikan adalah contoh makanan yang mengandung vitamin ini.

3. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Biasanya orang mengonsumsi kafein untuk mencegah rasa kantuk. Ada pula yang beranggapan bahwa kafein dapat membuat badan menjadi segar dan bertenaga, tetapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Hindari konsumsi kafein berlebihan karena badan akan lemas setelah efek kafein memudar.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat menyebabkan gangguan susah tidur seperti insomnia sehingga kebutuhan tidur tidak terpenuhi dengan baik dapat menjadi penyebab badan lemas tidak bertenaga. Selain itu, perasaan gelisah hingga tekanan darah tinggi juga dapat Anda alami.

4. Gaya hidup tidak sehat

Tidak dapat dipungkiri tuntutan hidup manusia zaman sekarang berpengaruh besar dalam menghasilan gaya hidup tidak sehat. Lamanya waktu bekerja dapat menyebabkan kelelahan, stres, dan minimnya waktu untuk berolahraga sehingga gaya hidup sehat tidak bisa dijalankan dengan baik.

Contoh gaya hidup tidak sehat misalnya kurang tidur, kurang berolahraga, terlalu banyak deadline pekerjaan hingga sistem kerja shift. Gaya hidup semacam itu dapat menyebabkan badan lemas dan tidak bertenaga sehingga harus dihindari.

Belum lagi stres akibat pekerjaan seringkali membuat orang-orang berlari ke penggunaan obat-obat terlarang atau alkohol. Padahal benda-benda tersebut dapat mengganggu sistem saraf dan mengganggu pola tidur yang berujung badan lemas di siang hari.

5. Stress berlebihan dan depresi

Badan lemas dan tidak bertenaga juga dapat disebabkan oleh kondisi mental yang kurang sehat seperti stres berlebihan. Selain memperhatikan kondisi tubuh, Anda juga harus memperhatikan kondisi mental. Stres yang berlebihan dapat berujung pada depresi dan gangguan kepanikan yang berlebihan.

Depresi ditandai dengan adanya perasaan tidak nyaman dan tidak bahagia yang dapat mengganggu kesehatan fisik dan mengurangi energi dalam tubuh. Selain itu, depresi juga ditandai dengan kelelahan, kesulitan dalam tidur, nafsu makan menurun, dan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Kondisi mental yang tidak sehat menyebabkan badan menjadi lemas dan tak bertenaga di siang hari sehingga Anda tidak mampu menjalankan aktifitas sehari-hari. Atasi penyebab stres dan depresi yang dapat menyebabkan badan mudah lemas serta tidak bertenaga.

Ada dua jenis kesehatan yang harus diperhatikan terkait penyebab badan lemas tidak bertenaga. Jenis kesehatan yang pertama berkaitan dengan kondisi fisik dan jenis kesehatan yang kedua berkaitan dengan kondisi mental. Seimbangkan gaya hidup antara kedua hal tersebut agar hidup sehat.