Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil itu adalah sembelit atau juga susah BAB, namun tidak bisa diatasi secara sembarangan. Mengatasi sembelit pada ibu hamil itu memang tidak bisa sembarangan, karena ada perkembangan janin yang harus dipikirkan. Jadi memang ada cara ataupun langkah khusus yang harus dilakukan untuk bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Sebenarnya cara yang paling simpel dan juga ampuh untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengonsumsi suplemen serat untuk ibu hamil. Akan tetapi ibu hamil sangat disaranakan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen. Dan pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa langkah untuk bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Apabila pada ibu hamil memang sembelit tidak bisa diobati secara sembarangan, ada beberapa pertimbangan untuk mengatasinya. Salah satu hal yang bisa dilakukan itu adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap harinya. Sebisa mungkin harus memenuhi kebutuhan minimal harian akan air putih yakni sekitar 8 gelas setiap harinya, jadi Anda harus perbanyak air putih.

Kebanyakan orang yang kekurangan cairan itu akan bisa membuat pencernaan pun akan jadi terhambat dan juga terganggu. Dan karena masalah itulah yang menurut kami membuat Anda perlu memperbanyak asupan air putih agar supaya bisa memperlancar pencernaan. Dan cara ini termasuk cara yang simpel dan juga tidak terlalu beresiko untuk mengatasi sembelit yang mungkin dialami ibu hamil.

Memperbanyak Makan Buah Dan Sayuran

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit itu adalah dengan mencoba memperbanyak memakan buah dan juga sayuran. Buah dan juga sayuran ini memiliki kandungan serat dan juga nutrisi yang sangat baik bagi tubuh terutama ibu hamil. Kandungan serat dan juga nutrisi ini akan membantu kelancaran dari pencernaan dan membuatnya bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Meskipun perlu memperbanyak buah dan sayuran, akan tetapi tetap harus memperhatikan kandungan dari buah dan sayuran tersebut ya. Karena memang ada beberapa buah yang juga cukup berbahaya bagi ibu hamil, jadi Anda harus tetap perhatikan kandungannya. Sehingga Anda mendapatkan manfaatnya untuk mengatasi sembelit akan tetapi tetap bisa menjaga kesehatan janin dan ibu hamil.

Melakukan Detoksifikasi Pada Tubuh

Cara yang berikutnya adalah dengan mencoba melakukan detoksifikasi pada tubuh untuk bisa memperlancar sistem pencernaan tubuh. Karena detoksifikasi itu akan memicu tubuh untuk mengeluarkan berbagai macam racun dan zat berbahaya pada tubuh Anda. Dan langkah-langkah yang dilakukan untuk detoksifikasi sendiri sebenarnya cukup simpel, tapi dampaknya untuk pengeluaran racun sangat besar.

Pertama bisa juga melakukan detoksifikasi adalah dengan meminum air lemon, ini bisa membantu membersihkan racun dan menyehatkan organ hati. Selain itu Anda juga harus menghindari makanan kemasan dan juga minuman kemasan yang tentunya bisa menjadi racun bagi tubuh Anda. Dan sebisa mungkin Anda hindari konsumsi alkohol selama detoksifikasi, dan untuk ibu hamil pun alkohol sangat berbahaya.

Melakukan Olahraga Ringan

Cara yang terakhir adalah olahraga, ini adalah hal yang juga penting untuk membuat tubuh menjadi sehat dan juga lebih bugar. Dengan kondisi tubuh yang bugar, maka akan membuat metabolisme tubuh pun akan jadi jauh lebih maksimal. Dan oleh karena metabolisme tubuh itu akan membantu juga pencernaan lancar, dan akan mengatasi sembelit pada ibu hamil.